SELAMAT JALAN DAN SELAMAT BERLIBUR


Bulan Maulid adalah bulan yang ditunggu oleh santri/siswa Alkhoirot karena dibulan ini merupakan bulan liburan Pesantren plus liburan Sekolah Formal menurut kalender pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Alkhoirot .

Libur maulid bukan berarti libur segalanya, akan tetapi libur maulid adalah libur  yang harus mengemban amanah dan tanggung jawab layaknya seoarang santri/siswa,  dimana seorang santri/siswa saatnya mengabdi diri pada kedua orang tua dan masyarakat disela-sela liburan ini.

Libur pesantren seperti halnya Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktek Kerja Lapangan (PKL), karena santri/siswa harus mempraktikkan ilmu yang diperoleh selama di Pesantren, jika sebelum mondok tidak menggunakan bahasa halus, saat pulang dari Pondok menggunakan bahasa halus maka tentu orang tua akan bahagia terutama menyangkut akhlak dan kesopanan, terutama kepada kedua orang tua pada khususnya, kepada masyarakat pada umumnya, yang biasanya tidak biasa mengikuti Khotmul Qur`an kini saatnya ikut andil di masyarakat, yang biasa tidak pernah Addibai`yah sudah saatnya ikut bergabung menyemarakan Maulid Nabi bersama “intinya sekecil apapun ada kegiatan dan tidak kosong,” Kata Dewan Pengasuh  KH. A.Fatih Syuhud  pada kuliah rutin mingguan.

Mengapa Kalender Pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Alkhoirot Harus Libur Maulid?
Pertanyaan ini pernah ditanyakan oleh salah satu guru Madrasah Aliyah Al-khoirot , bahwa Kalender pendidkan Yayasan Pondok Pesantren Alkhoirot  menjadwalkan libur maulid saat ini jatuh pada tannggal  09 Februari 2011, sehubungan dengan kalimat tanya diatas Yayasan Pondok  Pesantren Al-khoirot  sengaja memilih libur dibulan ini karena disamping menjadi kebiasaan sejak  zaman pendiri Pondok pertama dahulu, di Pesantren Alkhoirot  selalu memperingati Haul Al-magfurlahuma Almarhuma KH. Syuhud  Zayyadi dan Ny.Hj. Mashluhah Muzakki, kebetulan dibulan maulid haul kedua Almarhuma tersebut  jatuh pada tanggal 16 Rabiul Awal 1432 H. atau 19  Frebruari 2011 M.

Kapan  Santriwan/santriwati kembali ke Pondok Pesantren?
Sesuai dengan jadwal kalender pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Alkhoirot maka kembali masuk  Pesantren tanggal 19 Februari 2011. Nah, pada tanggal ini bertepatan dengan acara Haul, Haul Al-magfurlahuma Almarhuma KH. Syuhud  Zayyadi dan Ny.Hj. Mashluhah Muzakki yang Ke-13, pada tanggal inilah Santriwan-Santriwati saatnya harus kembali ke Pesantren karena tanggal 21 Februari 2011 kegiatan belajar mengajar (KBM) sudah masuk  kembali Efektif, masuk sebagai mana biasa.

Kembali kepesantren tahun ini tidak sama dengan libur maulid dari 2 tahun sebelumnya, masuk tahun ini lebih maju dari tahun yang kemarin, artinya liburan lebih sempit, karena libur tahun ini siswa harus terbebani dengan numpuknya kegiatan di Pesantren, apalagi seiring dengan adanya kegiatan tambahan Sekolah Formal MTs dan MA siswa harus lebih desipilin.

Oleh karenanya kiranya siswa dimohon segera kembali tepat waktu sesuai dengan jadwal terlampir. Wassalam...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar