Membangun Kreativitas Siswa


Membangun kretivitas siswa
Oleh: Siswa Kls. XI

Salah-satu jendela menuju ksuksesan  seorang siswa termasuk membangun kreativitas. Tidaklah gampang seorang siswa mempunyai kreativitas tanpa harus belajar kreativ sejak dipendidikan seusia dini.

Kreativitas (creativity) yang berarti daya cipta, kreatif (creative) yang berarti bersifat memiliki daya cipta, kreasi (creation) yang artinya ciptaan, dan kreator (creator) yang artinya pencipta.  John M. Echols dan Hassan Shadily (2000)


Kreativ yang berarti memiliki daya cipta dan kreasi tersebut merupakan salah satu ciri kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa. Seyogyanya siswa harus menggalih potensi dan kemampuan hidupnya untuk dapat mengatasi hidup yang selalu berhadapan dengan masalah dan persaingan, karena itu perlu ide-ide untuk mengatasi masalah tersebut.

Ciri-ciri orang mempunyai daya pikir kreatif
Dari berbagai sumber refrensi penbandiangan mengenai berbagai cara agar berpola pikir kreativitas siswa antara lain sebagai berikut:
Asep sofyan dalam tulisannya, menurut versi pendapat Munandar meneliti sekitar seratus siswa kreatif, dan mendapatkan ciri-ciri sebagai berikut (dalam Munandar, 1999):
  1. Memiliki daya imajinasi yang kuat
  2. Memiliki inisiatif
  3. Memiliki minat yang luas
  4. Bebas dalam berpikir (tidak kaku atau terhambat)
  5. Bersifat ingin tahu
  6. Selalu ingin mendapat pengalaman baru
  7. Percaya pada diri sendiri
  8. Penuh semangat
  9. Berani mengambil risiko (tidak takut membuat kesalahan)
10.  Berani dalam pendapat dan keyakinan (tidak ragu dalam menyatakan pendapat meskipun mendapat kritik dan berani memertahankan pendapat yang menjadi keyakinannya).

Membangun kreatifitas
Febriano dalam situsnya “ http://oscarocto.blogspot.com” mengutip gagasan David Thornburg, seorang pengamat kreativitas menyarankan berpikir saat-saat bahagia dalam hidup membantu membangunkan kreativitas. Contohnya, membanyangkan apa yang ingin dicapai, entah memulai menulis buku, menyiapkan pidato. Penting persiapan yang matang sampai satu saat tiba pada pokok. Jika momen-nya tiba, ibarat seorang pemain bola menendang terarah. Maka melalui latihan panjang seseorang menjadi maestro. Norman Vince Peale; menurutnya, visualisasi dalam hubungan antarpribadi tentang kreatif. Yang penting menurutnya kreatif harus dilakukan tiap-tiap hari.

Keberhasilan seorang kreatifitas
Kesuksesan dan kreativitas saling mendukung satu sama lain. Mereka yang paling kreatif itulah biasanya yang paling sukses. Jika ingin meningkatkan peluang sukses, maka tingkatkanlah kreativitas. Semakin kreatif, semakin tinggi juga tingkat stimulasinya, dan kegairahan juga semakin tercipta... maka semakin besar kesempatan untuk memperoleh hasil yang sukses. Mereka yang sukses karena ada kemauan, siswa yang sukses akan menuai keberhasilah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar