• Tentang Pondok Pesantren Alkhoirot

    Pondok Pesantren Al-Khoirot (Alkhoirot) Karangsuko Pagelaran adalah Pondok Pesantren yang sejak lama mempunyai misi untuk mendidik dan mengembangkan pengetahuan santri di bidang ilmu agama, hal ini berlangsung sejak didirikan sampai pada saat ini. Seiring dengan perkembangan zaman, terdapat tuntutan dari masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan formal yang alumnusnya diakui oleh pemerintah dan dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

  • Penerimaan Siswi Baru MA. Al-Khoirot Putri 2011/2012

    Pengumuman Penerimaan Siswi Baru MA Al-Khoirot Putri 2011/2012 Persyaratan Pendaftaran Pada tahun pelajaran 2011/2012, Madrasah Aliyah Al-Khoirot Putri menerima pendaftaran siswi baru dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Menyerahkan foto copy ijazah SMP/MTs/sederajat yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar. 2. Menyerahkan Surat Tanda Lulus (STL) asli. 3. Menyerahkan foto copy Surat Tanda Lulus (STL) yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar. 4. Menyerahkan Pas foto terbaru 3 x 4 dan 2 x 3 masing-masing 4 lembar...

  • Penerimaan Siswa Baru MA. Al-Khoirot 2014/2015

    Persyaratan Pendaftaran Pada tahun pelajaran 2011-2012, Madrasah Aliyah Al-Khoirot menerima pendaftaran siswi baru dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Menyerahkan foto copy ijazah SMP/MTs/sederajat yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar. 2. Menyerahkan Surat Tanda Lulus (STL) asli. 3. Menyerahkan foto copy Surat Tanda Lulus (STL) yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar. 4. Menyerahkan Pas foto terbaru 3 x 4 dan 2 x 3 masing-masing 4 lembar. 5. Mengisi formulir pendaftaran dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 25.000,-. 6. Mengikuti tes seleksi dengan ujian meliputi : ...

  • Tentang Madrasah Aliyah

    Madrasah Aliyah (disingkat MA) adalah jenjang dasar pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah pertama, yang pengelolaannya dilakukan oleh Departemen Agama. Pendidikan madrasah Aliyah ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Murid kelas 9 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional (dahulu Ebtanas) yang mempengaruhi kelulusan siswa.

  • Visi MA. Al-Khoirot

    Visi Madrasah "Membentuk siswa yang berkwaitas dalam bidang Imtaq dan Iptek serta memenuhi standar pendidikan nasional tertinggi" Misi Madrasah Mengembangkan kurikulum sesuai dengan perkembangan zaman dan dengan memadukan kurikulum Nasional dengan kurikulum Internasional. Tujuan Madrasah Menyiapkan siswa agar mampu mengembangkan potensinya sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan tekhnologi, budaya yang dijiwai ajaran Islam. ...

Tujuan

"Menyiapkan siswa agar mampu mengembangkan potensinya sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan tekhnologi, budaya yang dijiwai ajaran Islam. b. Menyiapkan siswa untuk mempunyai keterampilan / skill yang mampu menghadapi perkembangan zaman " Indikator Visi : a. Unggul dalam kemampuan intelektual b. Unggul dalam keterampilan/skill c. Unggul dalam beraktifitas keagamaan Selengkapnya
Diberdayakan oleh Blogger.

Visi Misi

"Membentuk siswa yang berkwaitas dalam bidang Imtaq dan Iptek serta memenuhi standar pendidikan nasional tertinggi" Indikator Visi : a. Unggul dalam kemampuan intelektual b. Unggul dalam keterampilan/skill c. Unggul dalam beraktifitas keagamaan Selengkapnya

Hubungi

Alamat kontak surat menyurat dan pertanyaan pada MA Madrasah Aliyah MA Al-Khoirot Pondok Pesantren Al-Khoirot dapat melalui alamat-alamat berikut: Alamat Pos MA Madrasah Aliyah Al-Khoirot Jl. KH. Syuhud Zayyadi 01 Karangsuko Selengkapnya

26 April 2011

Membangun Kreativitas Siswa

Posted by Madrasah Aliyah On 02.33 No comments


Membangun kretivitas siswa
Oleh: Siswa Kls. XI

Salah-satu jendela menuju ksuksesan  seorang siswa termasuk membangun kreativitas. Tidaklah gampang seorang siswa mempunyai kreativitas tanpa harus belajar kreativ sejak dipendidikan seusia dini.

Kreativitas (creativity) yang berarti daya cipta, kreatif (creative) yang berarti bersifat memiliki daya cipta, kreasi (creation) yang artinya ciptaan, dan kreator (creator) yang artinya pencipta.  John M. Echols dan Hassan Shadily (2000)


Kreativ yang berarti memiliki daya cipta dan kreasi tersebut merupakan salah satu ciri kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa. Seyogyanya siswa harus menggalih potensi dan kemampuan hidupnya untuk dapat mengatasi hidup yang selalu berhadapan dengan masalah dan persaingan, karena itu perlu ide-ide untuk mengatasi masalah tersebut.

Ciri-ciri orang mempunyai daya pikir kreatif
Dari berbagai sumber refrensi penbandiangan mengenai berbagai cara agar berpola pikir kreativitas siswa antara lain sebagai berikut:
Asep sofyan dalam tulisannya, menurut versi pendapat Munandar meneliti sekitar seratus siswa kreatif, dan mendapatkan ciri-ciri sebagai berikut (dalam Munandar, 1999):
  1. Memiliki daya imajinasi yang kuat
  2. Memiliki inisiatif
  3. Memiliki minat yang luas
  4. Bebas dalam berpikir (tidak kaku atau terhambat)
  5. Bersifat ingin tahu
  6. Selalu ingin mendapat pengalaman baru
  7. Percaya pada diri sendiri
  8. Penuh semangat
  9. Berani mengambil risiko (tidak takut membuat kesalahan)
10.  Berani dalam pendapat dan keyakinan (tidak ragu dalam menyatakan pendapat meskipun mendapat kritik dan berani memertahankan pendapat yang menjadi keyakinannya).

Membangun kreatifitas
Febriano dalam situsnya “ http://oscarocto.blogspot.com” mengutip gagasan David Thornburg, seorang pengamat kreativitas menyarankan berpikir saat-saat bahagia dalam hidup membantu membangunkan kreativitas. Contohnya, membanyangkan apa yang ingin dicapai, entah memulai menulis buku, menyiapkan pidato. Penting persiapan yang matang sampai satu saat tiba pada pokok. Jika momen-nya tiba, ibarat seorang pemain bola menendang terarah. Maka melalui latihan panjang seseorang menjadi maestro. Norman Vince Peale; menurutnya, visualisasi dalam hubungan antarpribadi tentang kreatif. Yang penting menurutnya kreatif harus dilakukan tiap-tiap hari.

Keberhasilan seorang kreatifitas
Kesuksesan dan kreativitas saling mendukung satu sama lain. Mereka yang paling kreatif itulah biasanya yang paling sukses. Jika ingin meningkatkan peluang sukses, maka tingkatkanlah kreativitas. Semakin kreatif, semakin tinggi juga tingkat stimulasinya, dan kegairahan juga semakin tercipta... maka semakin besar kesempatan untuk memperoleh hasil yang sukses. Mereka yang sukses karena ada kemauan, siswa yang sukses akan menuai keberhasilah.





0 komentar:

Poskan Komentar