KBM DI TENGAH BULAN SUCI RAMADHAN


Siswa-siswi  MTs dan MA. alkhoirot pagi ini mulai masuk aktif seperti biasa setelah libur tiga hari yang lalu. Libur ini semata hanya menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

Berbeda dengan jadwal kegiatan belajar mengajar  sebagaimana biasanya, jadwal KBM ramadhan tahun ini di minimalisir sehingga menjadi 20 menit/mata pelajar  dari yang biasanya 45 menit/mata pelajaran. Artinya, selesai sekolah yang biasanya 13.30 WIB. Saat ini selesai pulang menjadi 11.30. WIB. Karena jadwal belajar dipesantren sangatlah padat, karena harus mengikuti khataman kitab kuning yang merupakan kegiatan tetap di Pesantren Al-Khoirot ketika bulan suchi ramadhan sejak pendiri pertama PP. Al-Khoirot Alm. KH. Syuhud Zayyadi, Alm.KH. Zainal Ali Suyuthi hingga KH. A. Fatih Syuhud dan KH. Ja`far Shodiq Syuhud di periode saat ini.

Seperti halnya jadwal di sekolah formal maka jadwal sekolah didiniyahpun ikut di minimalisir. Yg awalnya 45 menit/ mata pelajaran maka saat ini menjadi 30 menit/ permata pelajaran. Karena siswa harus mengikuti khotmil qur`an pada malam hari ramadhan ini.

Mengingat Kepadatan jadwal KBM ini sama sekali tidak mengurangi kesemangatan seorang siswa dalam belajar full di pesantren Al-Khoirot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar