Download Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 merupakan pengembangan kurikulum 2006. Dimana kurikulum 2006 mangalami banyak permasalahan yang mengundang kepada gagalnya peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Diantara permasalahan-permasalahn kurikulum 2006 adalah:

 Konten kurikulum masih terlalu padat yang ditunjukkan dengan banyaknya matapelajaran dan banyak materi yang keluasan dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia anak.

Kurikulum belum sepenuhnya berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional.

Kompetensi belum menggambarkan secara holistik domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

Beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan (misalnya pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan) belum terakomodasi di dalam kurikulum. 

Kurikulum belum peka dan tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global.

Standar proses pembelajaran belum menggambarkan urutan pembelajaran yang rinci sehingga membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam dan berujung pada pembelajaran yang berpusat pada guru.

Standar penilaian belum mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi (proses dan hasil) dan belum secara tegas menuntut adanya remediasi secara berkala.

Dengan KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci agar tidak menimbulkan multi tafsir.

Dengan mengacu kepada permasalahan-permasalahan tersebut, kemendikbud mengadakan pengembangan kurikulum yang lebih mengacu kepada pembentukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Untuk lebih lanjutnya silahkan download Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013 di sini

1 komentar:

  1. kapan sosialisasi ditingkat kabupaten sampai sekolah.padahal tahun ajaran baru 2013/2014 tinggal beberapa bulan lagi.kamimasih menanti.

    BalasHapus