Kegiatan Ekstra Kumputer


Siswa MTs MA sedang melaksanakan extra kulikuler, program ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan wawasan para  siswa didalam ilmu teknologi komputer khususnya, karena mengingat komputer pada zaman sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok para setiap individu terutama bagi mereka yang masih duduk dibangku pendidikan , keselurahan dari mereka merupakan santri yang menetap di asrama pondok pesantren yang setiap harinya digodok dengan ilmu pengetahuan dan agama yang tentunya tidak mempunyai keterampilan, maka penting bagi kami memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu komputer, program ini tidak anjurkan kepada para siswa, tapi bagi siapa saja yang minat.

Program ini dilaksanakan dilaboratarium komputer PP. Al-Khoirot karangsuko, yang mana disitu dilengkapi dengan 16 komputer tapi dari sekian beberapa komputer yang masih aktif dipakai 12 komputer yang empat masih dalam pembenahan. Komputer oleh pihak pengasuh memang disediakan untuk para santrinya untuk memiliki ketrampilan, yang bisa dijadikan bekal nanti kalau sudah pulang ke halaman masing-masing.

Program ini semula dilaksanakan pada waktu pagi, tapi setelah adanya sekolahan formal MTs dan MA, maka dilaksanakan pada pukul  13.00-1400 WIB setelah mereka pulang dari sekolah 12.40 WIB, waktu ini merupakan waktu lowong bagi mereka selain waktu tersebut mereka disibukkan dengan pengajian pesantren yang wajib harus dilaksanakan, disela-sela itulah mereka berusaha untuk mengejar kemajuan dunia komputer yang merebak pada saat ini, tapi dengan harapan program ini tidak mengganggu kegiatan yang berjalan dipesantren yang merupakan kegiatan vital.  Komputer ini awal mulanya hanya dipakai untuk para pengurus pesantren yang mempunyai kepentingan masing-masing. Kemudian pihak dewan pengurus membuat kebijakan yakni mempersilahkan kepada segenap santri baik siswa maupun pengurus pesantren untuk memakai komputer yang ada, dikarenakan  para siswa tidak ada bimbingan mereka memakai dengan sewenang-sewenang dan tidak beraturan, yang bisa mengakibatkan kerusakan pada hardware dan software komputer, akhirnya salah satu pengurus pesantren mempunyai inesiatif untuk memberikan bimbingan komputer kepada mereka yang Alhamdulillah atas izin allah SWT berjalan sampai sekarang dan program ini berjalan kurang lebih sekitar satu tahunan.

Dan metode pengajaran yang dilaksanakan pada saat ini adalah semacam privat karena metode semacam ini lebih efisien dan siswa merasa terawasi, sehingga para siswa tidak bisa mengaktifkan dan menjalankan  program yang tidak diajarkan pada saat itu. Pada sebelumnya menggunakan metode ceramah ternyata para peserta tidak begitu menghiraukan keterangan dari sang pendidik, malahan mereka mengaktifkan program yang diluar ketentuan suatu misal program yang di ajarkan Ms Word ketika sang pendidik Asyik menyampaikan materi ternyata para siswa menyalakan Windows Media Player, sehingga mereka tidak paham terhadap materi yang telah di ajarkan. Dan peristiwa ini sempat mendapat kritikan dari teman-teman yang lain “ mengapa di Al-Khoirot banyak komputernya tapi pada kenyataannya para siswa kok sedikit sekali yang bisa mengoprasikan dengan komputer dengan baik?”  pertanyaan ini kami jawab dengan tegas bahwa bahasannya, dari pihak peserta didik  tidak memperhatikan dan konsentrasi terhadap materi yang telah ia pelajari.  dengan peristiwa ini pengajaran di dibentuk dengan  semacam privat.

Program yang lebih terdahulu diperkenalkan Ms Word karena program ini sangat dibutuhkan terutama bagi mereka yang mendapat tugas makalah dari pihak sekolah dan penulisan Buletin Pesantren yang terbit tiap bulan.

Pada awalnya mereka dikenakan pungutan Rp. 1500 tiap masuk untuk membayar listrik, tapi pada saat ini siswa dikenakan Rp 15000 perprogram dan hal ini bagi mereka tidak terlalu berat dibandingkan ditempat yang lain, memang sengaja kami berikan fasilitas yang terjangkau karena mengingat kondisi anak pesantren yang banyak kebutuhan dalam sehari-hari. ,dan diantara program yang diajarkan kepada anak-anak diantaranya.
  • Dasar-Dasar Windows
  • Ms Word
  • Power Point
  • Exel
  • Photoshop
  • Corel Draw
Tentang masalah hardware seputar perakitan komputer dan masalah-masalahnya, bagi mereka yang senior kami siap memberikan bimbingan kepada mereka, bagi ia yang sudah mengikuti program Ms Word, Exel dan power point mendapatkan sertifikat dari yayasan Pondok Pesantren Al-Khoirot, kami juga menerima peserta dari pihak umum seputar dasar-dasar software dan hardware. Dan kami segenap pengurus pesantren Al-khoirot mempunyai visi, komputer sebagai keunggulan bagi sekolahan dan pesantren Al-Khoirot.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar