Program Studi Ma Alkhoirot



Sebelum saya menjelaskan tentang Prodi atau jurusan di Madrasah Aliyah alkhoirot, terlebih dahulu saya akan menjelaskan latarbelakang berdirinya Madrasah tersebut, karena antara background madrasah tersebut sangat berkaitan erat dengan jurusan yang telah ditetap di MA Alkhoirot.

Madrasah Aliyah alkhoirot merupakan sebuah lembaga pendidikan islam yang didirikan oleh para pengasuh pondok pesantren Alkhoirot Karangsuko Pagelaran Malang. Program apapun yang dilakasanakan oleh madrasah alliyah alkhoirot harus integral dengan apa yang diinginkan pesantren, kerena siswa di madrasah ini murni dari santri pesantren alkhoirot. Jadi visi pendidikan madrasah aliyah alkhoirot tidak lepas dari visi pesantren, yaitu Tafaqquh Fil Din (belajar ilmu agama).

Berkenaan dengan hal tersebut madrasah aliyah alkhoirot membuka program studi/ jurusan keagaamaan. Karena ilmu agama yang dipejari di pesantren lebih tertuju terhadap pemahaman teks dan kajian kitab salaf. Untuk  menambah nilai plus dari kajian  yang ada dipesantren diperlukan pemahaman agama yang bersifat  kontomporer, rasional,  dan kajian islam secara terbuka yaitu dengan melalui dunia kurikulum pendidikan formal penjurusan keagamaan.

Harapan pesantren Alkhoirot bukan hanya sekedar mampu memami teks agama, akan tetapi lebih dari itu harapan yang terbesar adalah membangun teks dengan melalui pengembangan teori-teori agama, yaitu dengan meningkatkan karya tulis ilmiah, sehingga para alumni pesantren alkhoirot akan menjadi seorang penulis keagamaan. Nah termasuk salah satu peran untuk menciptakan kader seorang pengembang teori keagaamaan tentunya harus melalui jenjang pendidikan Madrasah Aliyah Alkhoirot penjurusan agama.

Adapun bentuk struktur kurikulum keagamaan Madrasah Aliyah Alkhoirot adalah:
Ilmu tafsir (diampu Oleh: K.H. Ja’far Shodiq Syuhud, M.Ag)
Ilmu hadist (diampu Oleh: K.H. Humaidi Syuhud, S,Hi)
Ushulfiqh  (diampu Oleh: Ust. Syamsul Huda, S.Pd.I)
Fiqh         (diampu Oleh: Ust. Sayid Ubaidilah Al-baity, S.Hi)
Akhlak Tasawuf (diampu Oleh: Ust. Rokhim, S.Pd.I)
Sejarah kebudayaan islam (diampu Oleh: Ust. Rokhim, S.Pd.I)
Ilmu kalam (diampu Oleh: Ust. Su’udi, S.Pd.I)
Ilmu Mantigh (diampu Oleh: Ust. Su’udi, S.Pd.I)
B. Arab (diampu Oleh: Ust. Raden. Ahmad Faisol Ali, S.Pd)

Tentunya kami selaku pengelola madrasah tidak akan puas hanya dengan penjurusan agama saja, karena bagiamanapun umat islam harus mengenal dan paham terhadap agama dan sains. Agama adan sains adalah satu bentuk ilmu yang tidak bisa dipisahkan. Untuk melangkah terhadap hal tersebut kami harus melalui dari dasar yaitu penjurusan agama, mungkin untuk tahun kedepannya kami akan membuka Program studi IPS, IPA dan Bahasa. Tentunya hal tersebut tidak akan lepas dari visi kami, yaitu mencetak kader yang mempunyai wawasan agama yang luas dan penerapan ilmu alam yang  sesuai dengan tuntunan agama secara maksimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar